DOCUMENT

Apa itu teknologi digital?

ASIATECH.id Teknologi digital adalah teknologi yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia, atau manual. Tetapi, cenderung pada sistem pengoperasian yang otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer.

Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem penghitung yang sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris.

Penemuan-penemuan seperti telepon, mesin faks, telepon selular, scanner, dan lain-lain adalah alat-alat yang membantu menciptakan hubungan komunikasi yang lebih mudah antar sesama manusia.

Kita dapat dengan mudah menghubungi orang lain yang berjarak ribuan kilometer jauhnya dari kita hanya dengan mengangkat gagang telepon dan memencet nomor teleponnya. Hidup pun terasa lebih mudah.

Akan tetapi, segala kemudahan itu jangan sampai membuat kita terlena.

Kita harus tetap menjaga hal-hal yang menjadi privasi kita. Lagi-lagi teknologi memerankan peranan penting di sini.

Beberapa contoh Konversi Teknologi Digital

  • Perkembangan ke CD ke .Mp3 :

Awalnya, piringan hitam merupakan sebuah alat yang memiliki pena yang bergetar untuk menghasilkan bunyi dari sebuah disc.

Alat yang diperlukan untuk memutar piringan hitam adalah Gramophone seiring berkembangnya teknologi kemudian piringan hitam berfungsi untuk merekam suara ataupun video dan setelah itu berkembang menjadi CD.

CD dibuat dalam usaha merampingkan media penyimpanan musik dengan memperbaiki kualitas suara yang dihasilkan.

Kemudian MP3, untuk mempermudah dalam mendengar ataupun memutar video/musik.

  •  VHS tape untuk DVD untuk Blu-ray :

Format baru untuk menyimpan data berupa video. Format ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan teknologi HDTV (High Definition TV) yang menjanjikan kualitas video yang jauh lebih tajam.

Sekeping Blu-ray dengan single-layer mampu menyimpan data hingga 27 GB. Hal ini setara dengan 2 jam video dengan kualitas tinggi (high defenition) atau sekitar 13 jam dengan kualitas video standar.

Sedangkan untuk double layer, mampu menampung hingga 54 GB untuk sekitar 4,5 jam video dengan kualitas tinggi atau 20 jam dengan kualitas video standar.

Bahkan ada rencana untuk mengembangkan terus ukurannya hingga dua kali lebih besar.

  • E-book

E-book adalah evolusi dari buku cetak yang biasa kita baca sehari-hari. Dibandingkan dengan pendahulunya, e-book menawarkan berbagai manfaat yang memudahkan kita menimba ilmu dan menambah wawasan.

E-book adalah buku elektronik yang bisa disimpan dengan mudah di perangkat elektronik kita. Kapasitas memori sebesar 1 GB sekalipun bisa memuat ratusan e-book.

  • Mail ke email

Keuntungan terbesar dari mengirim email adalah bahwa hal itu jauh lebih cepat daripada menulis surat standar. Sedangkan surat biasa dapat mengambil dari satu sampai sepuluh hari untuk dikirimkan, email dapat dikirim dalam hitungan detik

Keuntungan Teknik Komunikasi Data Digital antara lain:

  • ·         Kemudahan Multipleksing

Dalam sistem komunikasi data digital pertama kali diaplikasikan untuk sistem telepon yang menggunakan teknik Time Division Multipleksing (TDM).

Pada data digital ini memiliki keunggulan dalam hal reliabilitas terhadap gangguan (noise), distorsi, dan interferensi lain.

Degradasi sinyal akibat beberapa faktor gangguan tersebut dapat diatasi dengan kemampuan data digital yang melakukan regenerasi sinyal.

  • ·         Kemudahan Persinyalan

Persinyalan yang membawa informasi kendali komunikasi merupakan bagian dari sistem transmisi digital.

Informasi tersebut dapat digabungkan ke dalam jalur transmisi digital bersama-sama dengan informasi kendali TDM yang dengan mudah dapat diidentifikasi sebagai kanal kendali komunikasi.

Fungsi dan format sistem persinyalan dapat dimodifikasi secara terpisah tanpa mempengaruhi sistem transmisi data secara keseluruhan.

  • ·         Integrasi Sistem Transmisi dan Switching

Pada sistem komunikasi data digital fungsi TDM sangat mirip dengan fungsi Time Division Switching sehingga fungsi TDM dengan mudah dapat diintegrasikan di dalam perangkat penyambung.

  • ·         Regenerasi Sinyal

Dalam komunikasi digital representasi sinyal suara dalam format digital melibatkan proses konversi sinyal analog menjadi urutan cuplikan-cuplikan diskrit. Setiap cuplikan diskrit direpresentasikan dengan sejumlah digit biner.

  • ·         Kemudahan Enkripsi

Dalam kemudahan proses enkripsi dan diskripsi terhadap sinyal digital merupakan fitur ekstra dari sistem komunikasi digital.

  • ·         Pemrosesan Sinyal Digital

Ini diartikan sebagai proses operasi yang dilakukan pada sebuah sinyal untuk memanipulasi atau mentransformasi karakteristik-karakteristiknya.

Kekurangan Teknik Komunikasi Data Digital antara lain

  • ·         Kesalahan pada saat digitalisasi

Akan menyebabkan konsep informasi yang asli tidak dapat terpresentasikan dengan baik saat digitalisasi. Misalnya warna, jika suatu warna belum terdapat dalam sistem penyimpanan teknologi digital, maka akan dicari padanan warna yang paling dekat dan paling mirip dengan warna tersebut.

Hal tersebut menyebabkan warna yang akan tertampil setelah digitalisasi menjadi kurang akurat dan tidak mewakili warna aslinya.

  • ·         Dominasi dunia oleh teknologi analog.

Banyak bentuk informasi kamunikasi yang menggunakan sistem analog, perangkatnya pun menggunakan perangkat analog. Sehingga untuk menikmati layanan teknologi digital kita harus menggunakan analog-digital converter ( ADC ) dan digital-analog converter ( DCA ).

  • ·         Biaya yang tidak sedikit

Untuk digunakan dalam melakukan penggantian alat komunikasi seperti telepon, televisi, dan radio dari yang sebelumnya berbasis teknologi analog menjadi teknologi digital.

Apa pentingnya teknologi digital untuk bidang IT?

Sekarang ini  teknologi digital sangat penting, selalu ada penemuan terbaru inovasi-inovasi terbaru dan perkembangannya yang sangat pesat.

Mmebuktikan bahwa  teknologi digital bermanfaat dalam berbagai bidang, temasuk bidang IT.

Jika dibandingkan dengan sistem analog terbilang cukup kuno karena sebelum teknologi digital ada, teknologi digital mampu menyamai perkembangan terbaru IT.

Berikut beberapa alasannya:

  1. a) Kemampuan program yang lebih mudah
  2. b) Perancangan sistem digital yang lebih mudah
  3. c) Penyimpanan informasi yang mudah
  4. d) Lebih teliti
  5. e) Operasi dapat di program
  6. f) Produksi sinyal yang lebih akurat

Semakin berkembang dan canggihnya teknologi digital membuat banyak perubahan baik positif ataupun negatif.

Maka dari itu kita harus memanfaatkan teknologi digital sebijak mungkin.

 

Tinggalkan Balasan