PROFILE

Benarkah Media Konvensional “Koran” Akan Tergeser Media Daring?

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia saat ini memang berkembang dengan pesat, terutama di bidang elektronik.

Kegiatan Jurnalisme saat ini pun bukan saja dilakukan melalui media cetak, namun dengan media elektronik, media online.

Beragam jenis media yang ada, media online adalah yang paling sering digunakan oleh masyarakat modern saat ini.

Dewan Pers menyatakan, pertumbuhan media online di Indonesia mencapai sekitar 43 ribu situs. Dari data dewan pers ini sudah dapat di lihat dampak dari perkembangan teknologi saat ini.

Media konvensional atau media cetak mengalami sebuah penuruan minat pembacanya, karena sebuah berita yang di dapat dilapangan tak sewena-wena langsung diterbitkan begitu saja, harus melalui tahapan seperti rapat redaksi, menyusun kata yang baik kemudian diketik lalu dicetak dan esok baru bisa disebarkan.

Sungguh lama tahapan agar orang bisa mengetahui sebuh informasi, namun dengan era globalisasi saat ini masyarakat dapat dimudahkan mengetahui segala informasi dari segala sisi.

Perubahan gaya hidup ini didukung dengan hasil survei.

Dimana 34% responden membaca berita secara online dalam 1×24 jam (31% memilih membaca  melalui surat kabar) dan secara keseluruhan waktu 41% membaca melalui media online 10% membaca melalui surat kabar.

Generasi usai 18-29 tahun 65% menyatakan sumber utama berita mereka adalah internet. Kehadiran media online merupakan hal yang positif bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Namun hal yang perlu dicermati dari hasil survei ini adalah bagaimana industri surat kabar dapat melakukan suatu hal yang mempu mempengaruhi generasi usia 18-29 tahun ini untuk membaca surat kabar.

Untuk majalah, belum dilakukan survei.

Meningkatnya penggunaan perangkat mobile, berupa smartphone maupun tablet serta jaringan Wi-Fi.

Kenyataan yang ada, penemuan informasi yang sangat  mudah membuat orang menjadi lebih sering memanfaatkan internet sebagai sarana mencari informasi yang lebih up to date.

Melalui internet bisa diakses dimana saja, kapan saja, dan dimana saja.

Media konvensional atau media cetak mengalami sebuah penuruan minat pembacanya, karena sebuah berita yang di dapat dilapangan tak sewena-wenang langsung diterbitkan begitu saja, harus melalui tahapan seperti rapat redaksi, menyusun kata yang baik kemudian diketik lalu dicetak dan esok baru bisa disebarkan.

Semakin berkembangnya zaman semakin pula pertumbuhan teknologi semakin pesat dan semakin mudah, namun dari kemudahan itu ada pula dampak yang terjadi dalam sebuah media massa lainnya, yaitu media konvensional seperti surat kabar.

 

Tinggalkan Balasan